FACEBOOK: Business Model and SCAMPER

Posted: December 3, 2012 in Uncategorized

Image

1.     Customer Segment

Seperti kita semua tahu, pelanggan adalah inti dari semua model bisnis. Tanpa pelanggan (yang merupakan sumber keuntungan perusahaan), tidak ada perusahaan yang mampu bertahan dalam waktu lama. Segmen pelanggan facebook adalah semua pengguna internet (karena semua orang adalah makhluk sosial dan semua pengguna internet adalah manusia), kemudian facebook game and application developers, dimana mereka bisa menambahkan fitur-fitur sosial ke dalam games mereka yang memungkinkan para pemainnya mendapatkan social experiences yang lebih, dan micro advertisers. Facebook juga membuka ruang bagi orang-orang yang ingin memasang iklan produk mereka. Para pengusaha mikro (Small Medium Enterprise) juga dapat menjalankan usahanya lewat situs sosial ini.

2.     Value Propositions

Bagian ini menggambarkan bagaimana produk dan jasa yang diperuntukkan bagi segmen pelanggan bergabung dan menciptakan “nilai” bagi mereka. Proporsi nilai yang Facebook ciptakan adalah a platform of social network. Seperti kita ketahui, Friendster adalah pendahulu market ini. Facebook mencoba untuk mengimprovisasi apa yang sudah mereka lakukan dan mengidentifikasi kekurangan/kesalahan mereka. Maka dari itu, Facebook memang lebih ditekankan pada kinerja (performance) sebab ia memang terbukti “lebih” cepat, besar, dan lebih baik. Juga sebagai penyedia game dan aplikasi bagi para gamers dan orang-orang yang suka mengembangkan aplikasi.

3.     Channels

Bagian ini menggambarkan bagaimana social network yang ini berkomunikasi dengan segmen pelanggannya dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai. Yang pertama, tentu saja official website dari social network ini (www.facebook.com) sebagai wadah yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan promosi terkait. Yang kedua, mempromosikan social network ini lewat facebook.com/ads. Dan yang terakhir, facebook.com/developers dimana facebook game developers bisa menambahkan fitur sosial ke dalam games mereka agar para pemain bisa mendapatkan social experiences yang baru.

4.     Customer Relationships

Bagian ini menjelaskan bagaimana hubungan yang Facebook bangun bersama segmen pelanggannya. Jenis hubungan yang mereka bangun dan pertahankan adalah sticky and long-term. Maksudnya, profil yang dimiliki oleh seseorang di facebook bersifat bertahan dalam jangka waktu panjang dan seorang pemilik account itu pasti memiliki keterikatan yang begitu mendalam dengan personal profilnya, ia bisa mengupdate nya terus dan senantiasa membuat profilnya menarik setiap saat. Yang kedua, community. Saya percaya bahwa seluruh dunia dapat berubah menjadi sebuah komunitas yang penuh cinta manusiawi dan kepedulian (saling bertukar pikiran, saling membantu memecahkan masalah, dll). Facebook sangat memfungsikan dirinya sebagai alat penyalur hal-hal tersebut. Facebook memampukan para penggunanya untuk sukses dalam kehidupan sosial maupun bisnis untuk mencapai tujuan global dan pribadi.

5.     Revenue Streams

Bagian ini menjelaskan bagaimana uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari pelanggan. Yang pertama pendapatan dari periklanan yang dihasilkan dari jika ada produk/layanan tertentu yang mempromosikannya melalui situs social network ini.  Yang kedua, developer yang menggunakan Facebook Payments akan memiliki saldo developer dengan Facebook. Setiap kali mereka selesai melakukan penjualan pada platform Facebook, Facebook akan mengkreditkan dana hasil penjualan itu, mengurangi biaya layanannya untuk saldo developer. Facebook akan mendapatkan biaya layanan 30%, ditambah pajak penjualan atau PPN yang berlaku, setiap ada transaksi Facebook Payment pada platformnya.

6.     Key Resources

Bagian ini akan menjelaskan aset-aset terpenting apa saja yang diperlukan agar model bisnis ini dapat berfungsi. Sumber daya yang dibutuhkan adalah software and network engineers, alias orang-orang yang mahir teknologi dan soal jaringan. Juga brand, sebagai sumber utama penarik pelanggan. Database dari pelanggan juga merupakan sumber daya utama yang meskipun tidak selalu bisa dikembangkan, namun jika dipertahankan, akan menjadi nilai yang luar biasa bagi keberadaan Facebook.

7.     Key Activities

Bagian ini akan menjelaskan hal-hal terpenting yang harus dilakukan agar model bisnis ini dapat bekerja. Sebagai model bisnis sebuah jaringan, aktivitas “kunci” yang terkait adalah segala yang berhubungan dengan perawatan software dna network. Facebook harus terus menerus mengembangkannya untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat dalam situs jejaring sosial.

8.     Key Partnerships

Bagian ini lebih menggambarkan mengenai jaringan mitra yang berpotensi membuat model bisnis ini dapat bekerja. Key partnerships Facebook adalah software development company yang mereka percaya dapat menyarankan yang terbaik dan membantu memecahkan jika ada masalah kerumitan set-up dan sebagainya. Key partner satu lagi adalah PayPal. PayPal juga telah meluncurkan aplikasi Facebook yang memungkinkan pengguna mengirim uang ke orang lain.

9.     Cost Structures

Bagian yang terakhir ini menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis ini. Yang pertama dari employee yang terlatih dan berpengalaman dengan jumlah cukup besar (3000 orang) untuk mengoperasikan social network ini. Lalu juga teknologi dan perawatannya. Investasi dan maintenance pada infrastruktur teknologi sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan model bisnis Facebook.

S C A M P E R:

Substitute (Mengganti): Banyak pengguna Facebook yang berjualan di situs jejaring sosial ini dengan melakukan tagging terhadap teman yang dimilikinya. Hal ini sebenarnya sangat mengganggu. Sebaiknya Facebook mengganti sistem yang ada sekarang dengan dual-room dimana room pertama adalah tempat murni untuk bersosial dan room kedua adalah tempat murni untuk jual beli. Sehingga para pengguna Facebook tidak akan lagi terganggu dengan adanya aktivitas tagging.

Combine (Menyatukan): Saat ini Facebook telah berhasil menyatukan social media dengan game/aplikasi. Sebaiknya Facebook juga menyatukan kedua hal ini dengan konten online learning yang santai, sehingga aktivitas pengguna di Facebook dapat berimbang baik itu untuk game maupun untuk belajar. Materi learning yang tersedia mencakup seluruh bidang mulai dari kedokteran hingga ekonomi.

 Adapt (Adaptasi): Banyak pengguna Facebook yang sampai lupa waktu dalam menggunakannya hingga lupa akan kegiatan lain. Sebaiknya Facebook beradaptasi dengan masalah ini dengan cara membuat fitur Schedule dan To-Do-List agar pengguna dapat memuat jadwal mereka dan dapat teringat ketika mereka harus mengerjakan hal lain.

Modify (Modifikasi): Facebook sebaiknya memodifikasi tampilan (theme) websitenya agar para pengguna dapat melakukan personalisasi terhadap warna maupun background. Akan tetapi modifikasi theme ini harus diatur sedemikian rupa agar tidak ada profile yang terlihat norak dan tidak enak di mata.

Put to the other uses (Pandangan berbeda): Facebook sekarang ini hanya dipandang sebagai social media untuk bersenang-senang (fun). Sebaiknya pandangan ini diubah agar Facebook juga dilihat sebagai media untuk online learning yang santai, menarik, dan dapat dinikmati.

Eliminate (Eliminasi): Facebook harus melakukan lebih banyak riset terhadap pengguna yang memakai akun palsu. Lalu akun palsu ini dihapus / dieliminasi agar tercipta social media yang kondusif dan aman dari penipuan yang sering dilakukan oleh akun palsu.

Rearrange (Mengatur Ulang): Facebook sebaiknya meninjau ulang game-game atau aplikasi yang tidak bermutu karena akan memberatkan server dan membingungkan pengguna untuk memilih game yang berkualitas. Sebaiknya ada standar khusus yang tinggi untuk memuat sebuah game atau aplikasi di Facebook. Standar ini harus diatur ulang untuk kepuasan pengguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s